Ibadah Umroh menjadi keinginan yang juga sangat di nantikan bagi setiap muslim di seluruh dunia namun ada hal-hal yang perlu anda waspadai saat menjalankan ibadah umroh. Tulisan ini berdasarkan pengalaman nyata orang-orang yang sudah menunaikan ibadah umroh agar anda bisa menghindari atau mewaspadai hal-hal yang tidak menyenangkan saat menjalani ibadah umroh.

Dan tentunya ibadah kita akan lebih nyaman dan khusu. Berikut hal-hal yang harus diwaspadai ketika umroh di Mekkah dan Madinah.

  1. Waspadai Tertular Penyakit Jamaah Lain

Karena anda akan bertemu banyak orang dari seluruh dunia dan tentunya tingkat kesehatan berbeda-beda dan penyakit bisa saja tertular jika kondisi anda sedang melemah seperti flu , gatal2 dan lain-lain untuk menjaga kesehatan anda sebaik anda membawa antisipasi seperti multivitamin dan obat-obatan pribadi. Serta Siapkan juga masker, minyak angin, atau inhaler jika mempunyai riwayat sesak napas.

2. Waspadai Copet

Meskipun anda khusu beribadah tapi juga harus hati-hati dengan copet khususnya saat di keramaian copet 2 suka beraksi jadi waspadai tempat anda menaruh uang anda dan bahkan ada juga copet yang berwujud sosok wanita cantik yang tengah minta bantuan anda.

3. Menjaga Sikap Anda

Karena di setiap negara memiliki perbedaan adat tradisi dan kesopanan yang berbeda-beda tentu anda harus bisa memaklumi karena adat kesopanan kita yang saling bertegur sapa dan ramah senyum tidak bisa di lakukan dengan orang setempat karena bisa jadi di anggap anda menggoda lawan jenis.

4. Waspadai Penjaja Anak-anak

Jika anda bertemu dengan anak-anak yang menjual seperti manisan sebaiknya jangan di pegang dagangannya jika anda tidak ada niatan untuk membeli karena umumnya meraka akan memaksa anda untuk membeli dagangannya dengan harga yang tidak wajar.

5. Hindari Pergi Sendirian Untuk Wanita

Sebaiknya jika anda ingin pergi jangan pergi sendirian dan ajaklah mahram anda khususnya untuk wanita jika menaiki taksi karena dari pengalaman wanita yang naik taksi sendirian bisa berpotensi di bawa kabur oleh driver taksi.

6. Hindari Tersesat

Saat Anda berada di Masjidil Haram, anda harus ingat-ingat betul dari pintu nomor berapa Anda masuk karena di pintu itulah sebaiknya anda keluar. Usahakan orang yang lanjut usia selalu mendapatkan pendampingan dari mahramnya untuk jaga-jaga dan antisipasi agar tidak tersesat.

7 .Waspadai Para Calo
Mungkin anda akan kaget karena ada banyak sekali para calo yang berkeliaran di sekitar Masjidil Haram yang menawarkan janji berupa Anda bisa mencium Hajar Aswad dengan mudah. Meski anda sangat menginginkannya sekalipun namun percayalah harga yang mereka tawarkan akan sangat tinggi biasanya anda akan di tuntun dahulu tanpa menjelaskan biayanya setelah anda bisa mencium Hajar Aswad barulah mereka meminta upah yang tinggi.

8. Saat Bersedekah
Anda pasti setuju jika tanah suci adalah tempat terbaik untuk memberikan sedekah terbaik Anda. Namun jika ingin memberikan sedekah sebaiknya saran penulis berikan saja pada mereka yang membersihkan masjid. Karena jika Anda berikan pada pengemis, setelah itu akan ada banyak pengemis yang berdatangan dan mengelilingi Anda.

9. Jadilah Ramah Lingkungan
Kebersihan bagain dari pada iman jadi jagalah dan rawat lingkungan yang anda kunjungi. Jangan lakukan corat coret dimana pun termasuk tugu penanda bertemunya nabi Adam dan Siti Hawa. Dan buanglah sampah pada tempatnya.’

Begitulah beberapa hal utama yang perlu anda waspadai dan hindari saat menjalankan ibdah umroh. dan penulis doakan selalu selamat dan khusu saat menjalankan ibdah umroh. Aamiin ya Allah